Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo (air terjun janda) adalah nama objek wisata air terjun. Objek tersebut berada di tengah hutan pinus yang dikelola Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Perum Perhutani Malang. Coban Rondo terletak di ketinggian 1.135 meter lereng Gunung Kawi, Kabupaten Malang.

Untuk menuju daerah di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang ini tidak sulit. Perjalanan dari Surabaya ke Malang, Batu, dan diteruskan ke Pujon dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, karena jalan beraspal.

Hanya saja untuk sampai di lokasi berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Malang tersebut harus berhati-hati, sebab jalan ke sana berkelok-kelok, bertebing dan di sisi lainnya jurang yang curam dan serta rawan longsor. Apalagi saat musim hujan.

Dari jalan raya Batu - Pujon pengunjung harus melintasi jalan beraspal di tengah hutan pinus sekitar dua kilometer. Selama perjalanan, pengunjung disuguhi pemandangan berupa hamparan hutan pinus yang menghijau. Suasana segar dibalut angin nan-sejuk.




Masuk ke lokasi Coban Rondo pengunjung tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, hanya Rp10 ribu per orang. Pengunjung bisa sepuasnya menikmati indahnya kawasan air terjun janda.

Sejauh mata memandang dan kepala sedikit mendongak, maka kita seperti berada di kepungan bukit menjulang. Bukit yang banyak tumbuh aneka pepohonan tersebut juga dihuni sekawanan monyet. Monyet di tempat itu cukup jinak. Bahkan, bisa diajak bercengkerama jika diberi jagung atau kacang.

Lokasi parkir cukup luas. Di sisi kanan maupun kiri banyak kios penjual jajanan dan makanan seperti kentang goreng, kacang rebus, aneka minuman, aneka makanan, sate ayam, sate kelinci dan lain sebagainya. Bahkan, pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Malang, khususnya Coban Rondo.

Di sisi lain dari lokasi parkir, masih dalam kawasan Coban Rondo, terdapat pula fasilitas untuk kegiatan "outbond" atau "team building". Selain lapangan yang bisa digunakan untuk berkemah, juga terdapat fasilitas penunjang kegiatan kelompok tersebut seperti "high rope corse", "camping ground", "tracking line flying camp", "climbing wall" dan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Wisata Eco Green Park

Paket Bulan Madu Malang Bali 5 Hari 2 Malam

Paket Overland Malang ke Bali