Objek Wisata Air Terjun Coban Pelangi

Wisata air terjun Coban Pelangi merupakan wisata yang berada di kawasan Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Tepatnya berjarak sekitar 2 km dari desa Gubugklakah atau sekitar ± 32 km sebelah timur kota Malang. Wisata ini sangat menarik. Dinamakan Coban Pelangi karena air terjun ini sering membiaskan warna pelangi. Obyek wisata ini merupakan salah satu wanawisata yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, dan dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 m di kaki Gunung Semeru. Suhu udara di kawasan ini berkisar antara 19 – 23 derajat Celcius.






Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke air terjun Coban Pelangi adalah di pagi hari. Saat pagi, kabut yang lembut sering muncul di sekitar coban setelah lewat dari tengah hari. Segarnya embun pagi hari juga sangat sejuk dan sayang untuk dilewatkan. Oya, pada musim penghujan pihak pengelola sering membatasi kunjungan hingga pukul 16.00 saja. Hal ini untuk menghindari munculnya air bah yang datang dari pegunungan di bagian hulu. Harga tiket masuk obyek wisata ini adalah Rp 5.000 per orang dan tiket parkir Rp 2.000 (untuk roda dua) dan Rp 4.000 (untuk roda empat).

Suasana di sekitar coban ini cukup sejuk. Suhu udara yang dingin disertai suara guyuran air yang jatuh dari ketinggian 110 meter ini akan membuat pengunjung merasa fresh. Yang menarik dan sangat mengesankan adalah ketika ada bias-bias warna pelangi yang timbul dari air terjun ini. Warna pelangi yang indah akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Untuk menuju Coban Pelangi, arahkan perjalanan Anda menuju Tumpang, dilanjutkan menuju Desa Gubugklakah. Air terjun ini berada sebelum masuk pertigaan Jemplang (yaitu pertigaan menuju Gunung Semeru dan Gunung Bromo). Setelah melewati Desa Gubugklakah, di sebelah kanan jalan akan terlihat jelas gapura bertuliskan air terjun Coban Pelangi. Dari area pintu masuk Coban Pelangi yang berada di atas tebing setinggi sekitar 100 meter, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun dan melintasi jembatan. Jarak tempuh jalan ini sekitar 1, 5 km hingga lokasi air terjun berada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Wisata Eco Green Park

Paket Bulan Madu Malang Bali 5 Hari 2 Malam

Paket Overland Malang ke Bali