Objek Wisata Balekambang Malang

Pantai Balekambang terletak di desa Srigonco, kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sekitar 60 kilometer selatan kota Malang. Pantai Balekambang menawarkan keindahan panorama pantai yang memikat, deburan ombak susul menyusul berlarian menuju hamparan pasir putih di bibir pantai. Semilir angin terasa kuat menerpa, mengabaikan sengatan panas matahari yang terik.


Pantai ini semakin menarik dengan keberadaan tiga pulau kecil, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni yang terletak berjejer tidak jauh dari tepi pantai. Pulau Ismoyo terlihat lebih menonjol dibanding yang lain, pulau ini bahkan sering diserupakan dengan sebuah pulau di Bali yang begitu tersohor yaitu Tanah Lot. Di pulau Ismoyo berdiri sebuah Pura, yang masih digunakan untuk beribadah umat Hindu. Melihat penampakkannya memang sangat mirip dengan pulau di Tanah Lot, Bali, baik dari bentuk maupun keberadaannya, bisa anda bandingkan sendiri.

Yang beda adalah akses jalan menuju pulau Ismoyo, disediakan sarana jembatan penghubung dari bukit karang di tepi pantai sepanjang sekitar 200m. Dengan sarana jembatan ini memudahkan pengunjung yang berminat melihat dari dekat keberadaan Pura di pulau Ismoyo.

Akses jalan menuju pantai Balekambang pada umumnya sudah memadai, sepanjang jalur sudah dilapisi aspal, hanya saja beberapa kilometer menjelang lokasi ada bagian aspal yang mulai sedikit mengelupas, meninggalkan beberapa titik lobang, bagi pengendara motor supaya lebih waspada. Jalur dari kota malang yang harus dilewati yaitu Gadang-Bululawang-Gondang Legi-Bantur-Srigonco-Pantai Balekambang. Jika menggunakan angkutan umum dari terminal Arjosari atau stasiun Kota Malang bisa menggunakan angkot jurusan Gadang. Dari Terminal Gadang ada angkutan menuju Bantur. Dari Bantur menuju lokasi biasanya menggunakan jasa ojek, disarankan lebih baik sewa kendaraan dari kota Malang, terutama jika rombongan.

Fasilitas yang bisa dinikmati diantaranya lahan parkir cukup luas, warung makan, kios cideramata, toilet serta kamar mandi, mushola, tempat informasi, taman bermain anak, camping ground dan pendopo. Kuliner khas yang banyak ditemui adalah pentol bakso kecil semacam cilok, minumannya es kelapa muda.

Pantai Balekambang yang memiliki garis pantai cukup panjang, dengan pasir putih dan airnya yang jernih, serta keberadaan Puranya, akan menjadi daya pikat wisatawan untuk selalu kembali berkunjung ketempat ini. Pantai Balekambang menjadi tujuan wisata di Jawa Timur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Wisata Eco Green Park

Paket Bulan Madu Malang Bali 5 Hari 2 Malam

Paket Overland Malang ke Bali