Objek Wisata Tanahlot

Bosan dengan pantai-pantai di Bali? Mungkin anda harus mencoba tempat indah untuk bersantai sekaligus tempat wisata religi bagi yang beragama Budha. Tanah Lot, begitulah nama objek wisata ini. Sebelum membahas lebih dalam lagi mengenai Tanah Lot, sebaiknya kita mengenal dahulu apa itu “Tanah Lot”. Menurut warga sekitar Bali, Tanah Lot dapat diartikan sebagai, “Tanah” yang berarti “batu atau karang”, sedangkan “Lot” atau “Lod” diartikan sebagai “Laut”, itu berarti “Tanah Lot” memiliki arti “Batu yang berada di lautan”. Tanah Lot sendiri berada dekat dengan kawasan Kuta, sekiranya 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, tepatnya di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.



Di lihat dari segi arti nama “Tanah Lot”, memang benar adanya bahwa di sekitar Tanah Lot memang ada sebuah batu besar yang berada di laut, dan diatas batu besar itu ada sebuah Pura yang cukup besar. Pura yang dibangun pada abad ke-15 tersebut dinamai sesuai dengan lokasinya, yaitu Pura Tanah Lot, yang terletak 300 m dari bibir pantai. Dari segi bangunan, Pura Tanah Lot memberi sensasi berbeda dari pura- pura pada umumnya, membuat para jamaahnya betah beribadah di dalamnya. Selain terkenal dengan Puranya, di Tanah Lot juga terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang indah dan menawan, adapun lokasi yang diperuntukkan khusus untuk para pengunjung melihat pemandangan matahari terbit, yaitu di Sunset terrace.

Tanah Lot juga memiliki fasilitas yang bisa dibilang sangat lengkap, itu dikarenakan Tanah Lot telah diakui dan dikelola oleh pemerintahan Bali. Fasilitas yang disediakan juga terbilang lengkap, antara lain, fasilitas parkir yang luas, Toilet yang berada di spot- spot khusus, art shop, restoran, hotel berbintang yang harganya terjangkau, tourist guide, fasilitas keamanan dan kenyamanan dan masih banyak lagi. Jika anda berkunjung ke Tanah Lot, saya sarankan untuk datang pagi- pagi untuk melihat sunrise dan menyewa hotel agar pada sore harinya anda bisa melihat sunset  yang indah dan tentunya hanya di Pantai Lot.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Wisata Eco Green Park

Paket Bulan Madu Malang Bali 5 Hari 2 Malam

Paket Overland Malang ke Bali